Selasa, 05 Desember 2017

Desain Tangga yang Indah, Aman, dan Nyaman


    Salah satu poin penting yang harus dipertimbangkan dalam mendirikan hunian bertingkat adalah desain tangga. Pembuatan tangga yang benar tidak hanya menghadirkan kemudahan akses antarlantai, tetapi juga keamanan dan kenyamanan bagi penghuni rumah. Salah membuat desain tangga bisa berakibat fatal seperti mengakibatkan kecelakaan
  
terdapat banyak desain tangga tempat tinggal yang bisa dijadikan referensi. Banyaknya desain tangga tersebut dipengaruhi selera pemilik rumah yang bermacam-macam.  Terkadang, pemiliki rumah lebih mementingkan faktor estetika tangga namun cenderung mengabaikan faktor keamanan dan kenyamanan. Contohnya tangga putar. Tampilannya sebetulnya indah. Tetapi meniti tangga putar itu cenderung membuat pusing. Tangga putar itu tidak aksesibel karena mengurangi kenyamanan.
Kami lebih menyarankan desain tangga yang simpel namun nyaman dan aman. Dia merekomendasikan kemiringan tangga tidak lebih dari 30 derajat. Karena lebar tangga yang ideal itu antara 90 cm hingga 120 cm.  Itu adalah rentang lebar tangga yang nyaman. Kalau kurang dari itu, berarti mengurangi kenyamanan. Kalau lebih dari itu, misal sampai 2 meter, tidak apa-apan, tetapi akan boros ruangan, menurut Kami.
    Desain anak tangga sebenarnya sudah ada standarnya. Idealnya, ketinggian anak tangga sekitar 12-17 cm, sementara lebar pijakan anak tangga sebaiknya seukuran telapak kaki atau setara 30 cm. Kami juga menyarankan perlunya bordes jika jarak antar lantai terlalu tinggi. Bordes itu berfungsi memberi waktu jeda istirahat. Kalau jarak antarlantai itu mencapai 4 meter, sebetulnya bisa dibangun tangga tanpa bordes. Tapi tingkat kenyamanannya akan berkurang. Lebih mudah capek nantinya.
    Terkait material tangga, Kami menyarankan penggunanaan bahan yang aman. Khusus pijakan anak tangga, sebaiknya dilapisi bahan yang tidak licin seperti kayu atau ubin bertektur. Tidak lupa, pada tepian pijakan anak tangga sebaiknya dilengkapi step nosing supaya tidak licin dan tangga yang baik juga harus dilengkapi pagar sebagai pegangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar